MotoGP Republik Ceska 2020 menghadirkan tantangan menarik bagi Valentino Rossi.
Pebalap Monster Energy Yamaha itu dihadapkan pada dilema, antara memilih jenis ban medium atau keras untuk digunakan saat balapan .
Valentino Rossi, menjadi satu dari sekian pembalap yang ikut merasakan buruknya cengkeraman ban selama melintasi sirkuit Brno.
Valentino Rossi sebelumnya sudah sering mengeluhkan cengkraman ban belakang pada motor Yamaha M1 miliknya.
Akan tetapi, kondisi sirkuit Brno yang digunakan pada MotoGP Republik Ceska 2020 kali ini tampaknya membuat Rossi jadi lebih sulit mengendalikan motor.
"Cengkeraman (grip) ban belakag di trek ini sangat rendah," kata Valentino Rossi, dilansir SportFEAT.com dari Motorsport.
Keadaan sikruit Brno memang dikenal cukup bergelombang.
Ditambah lagi kualitas aspal yang menurut beberapa pembalap lain kurang begitu bagus untuk digunakan balapan.
Rossi pun turut mengkritisi hal tersebut.
Namun pembalap 41 tahun asal Italia itu enggan terlalu dipusingkan dengan hal itu, dan lebih memilih untuk segera mencari solusinya.
Salah satu yang tengah dipikirkan Rossi adalah penggunaan jenis ban.
Jenis ban akan sangat berpengaruh pada balapan MotoGP Republik Ceska 2020 nanti, terlebih dengan kondisi sirkuit Brno yang demikian.
Rossi mengatakan bahwa jenis ban lunak tak mungkin ia gunakan pada sirkuit Brno.
Ia pun kini masih bingung anatra memilih jenis ban medium atau keras.
"Cengkeraman di trek sangat rendah dan itu membuat ban belakang selip, lebih cepat aus dari biasanya," ujar Valentino Rossi.
"Saya masih belum tahu. Tapi rasanya sulit membayangkan balapan dengan ban lunak,"
"Yang jelas saya masih ada dua pilihan yakni menggunakan ban belakang medium atau keras nanti," kata Rossi lagi.
Sebelumnya, pembalap Yamaha lainnya, Fabio Quartararo juga mengeluhkan hal yang sama.
Bahkan, di sirkuit Brno ini, Fabio Quartararo merasakan kurangnya daya cengkeram ban belakangnya.
Padahal, hal ini sebelumnya tak pernah ia alami.
Quartararo juga menyebut bahwa masalah yang ia rasakan adalah ban belakang yang cenderung cepat aus, dan hal itu membuatnya kesulitan untuk konsisten menjaga kecepatannya putaran demi putaran.
Subscribe by Email
Follow Updates Articles from This Blog via Email
No Comments