Jawaban soal apa yang diberikan pertapa tua kepada Timun Mas, dapat kalian simak di sini.
Pertanyaan di atas merupakan soal TVRI SD kelas 1-3 pada Senin (10/8/2020), dengan materi Dongeng Timun Mas.
Soal dan jawaban TVRI SD kelas 1-3 materi Dongeng Timun Mas ini, terdapat dua pertanyaan.
Sedangkan untuk soal apa yang diberikan pertapa tua kepada Timun Mas, adalah pertanyaan nomor dua.
Jawaban soal yang Tribunnews tayangkan berikut ini, hanya sebagai panduan orang tua atau wali, dalam membimbing siswa saat Belajar dari Rumah TVRI.
Jawaban
Kita harus berhati-hati agar kita tidak tersandung saat berjalan.
Atau kita harus berhati-hati saat di air misal kolam renang dan lainnya.
Jika tidak, maka kita bisa saja tenggelam, terpeleset, dan mengalami kecelakaan lainnya.
Jawaban
a) Pertapa tua memberikan empat buah bungkusan kepada Timun Mas.
Empat bungkusan itu masing-masing berisi biji timun, jarum, garam, dan terasi.
b) Timun Mas berhasil menyelamatkan diri dari kejaran raksasa.
Caranya, pertama, ia mengambil bungkusan berisi biji timun.
Ia menyebarkan biji timun yang kemudian tumbuh tanaman timun yang sangat banyak.
Kedua, ia mengambil bungkusan kedua yang berisi jarum dan melemparkannya ke arah raksasa.
Jarum-jarum itu berubah menjadi pohon bambu.
Ketiga, Timun Mas mengambil bungkusan yang berisi garam.
Ia melemparkannya ke arah raksasa dan tiba-tiba hutan berubah menjadi lautan luas.
Terakhir, Timun Mas mengambil bungkusan isi terasi dan menyebarkannya ke seluruh hutan.
Hutan berubah menjadi lautan lumpur yang luas.
Raksasa pun tenggelam ke dalam lautan lumpur, terbawa arus, dan pergi jauh.
Soal dan jawaban yang Tribunnews tayangkan ini hanya sebagai panduan orang tua dalam membimbing siswa saat mengikuti Belajar dari Rumah TVRI.
Simak panduan orang tua berikut ini yang Tribunnews kutip dari Kemdikbud.
Berikut hal yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu meningkatkan kompetensi literasi anak dari melihat tayangan:
1. Pandulah anak memahami instruksi lisan dari tayangan program dengan cara meminta anak mengulanginya.
Orang tua juga perlu mengajukan pertanyaanpertanyaan kepada anak tentang kata-kata yang belum dipahami, lalu membantu menjelaskannya.
Setelah anak mengerti, mintalah anak untuk membuat kalimat dari kata-kata tersebut.
2. Khusus untuk instruksi/pertanyaan tertulis (dalam bentuk teks), mintalah anak membaca kembali instruksi tersebut.
3. Pandulah anak untuk menyampaikan pendapatnya dengan melakukan diskusi.
4. Perhatikan bagaimana susunan kalimat yang dibuat anak.
5. Bantu anak agar bisa menyampaikan gagasan dengan kalimat yang benar dan runut.
6. Orang tua diharapkan bisa mengarahkan anak agar bisa mengemukakan pendapatnya lewat diskusi.
Mintalah anak menyampaikan gagasannya secara lisan. Jika memungkinkan, direkam.
7. Untuk tugas tertulis, bantulah anak menuliskan baris demi baris tugasnya.
Berikut hal yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu meningkatkan kompetensi numerasi anak dari melihat tayangan:
1. Pandulah anak untuk menyimak dengan baik tayangan yang ditampilkan.
2. Dengan menyimak tayangan bersama anak, orang tua diharapkan ikut memahami materi yang disampaikan.
3. Perhatikan apakah anak memahami tugas yang disampaikan dalam tayangan.
4. Pandulah anak untuk mengerjakan tugas tersebut.
5. Berdiskusilah dengan guru jika anak membutuhkan bimbingan lebih lanjut.
Subscribe by Email
Follow Updates Articles from This Blog via Email
No Comments